RENCANA STRATEGIK (RENSTRA) FAKULTAS EKONOMI

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

 

Pada Kerangka Kebijakan Program Muhammadiyah Jangka Panjang (Visi Muhammadiyah 2025), dalam Bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan  serta Penelitian  dan Pengembangan, memiliki Rencana Strategis membangun kekuatan Muhammadiyah dalam bidang Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Insani, ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), dan eksplorasi aspek-aspek kehidupan yang bercirikan Islam, sehingga mampu menjadi alternatif kemajuan dan keunggulan di tingkat Nasional atau Regional. Selain itu bila dikaitkan dengan amanat Renstra Kementerian Pendidikan Nasional 2010-2014, maka sistem pendidikan dituntut untuk mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan sosial, nasional, dan global. Perubahan untuk pembaharuan pengelolaan pendidikan tinggi dilakukan secara terarah, terencana, dan berkesinambungan.

Mendasarkan pada aspek yuridis tersebut, nyatalah bahwa perguruan tinggi, termasuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) mempunyai andil dan kesempatan yang seluas-luasnya untuk mewujudkan amanat yang terkandung dalam Undang-undang Dasar 1945 tersebut. Semua unsur atau komponen dalam bangsa ini mempunyai peran dan tugas masing-masing didalam proses mencerdaskan bangsa tersebut.

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) telah menetapkan Rencana Induk Pengembangan (RIP) dalam periode Akademik 2011/2012 hingga 2018/2019, dan telah menetapkan bahwa Visi Umsida adalah menjadi Perguruan Tinggi Bermutu Tingkat Nasional Tahun 2020. Dalam konteks untuk mewujudkan Umsida sebagai salah satu perguruan tinggi di tingkat nasional yang bermutu pada 2020, maka kepuasan stakeholders akan terwujud jika semua proses yang didalamnya bermutu. Untuk dapat mencapai visi tersebut, disusunlah Rencana Strategis (renstra) yang merupakan implementasi dari RIP Umsida. Dalam Renstra Umsida periode 2011-2015, telah ditetapkan bahwa empat bidang garap yang merupakan strategi pencapaian menjadi Umsida mutu 2020. Empat bidang tersebut adalah (1) Bidang Tata Kelola Institusi, yang merupakan penyempurnaan peraturan dan manajemen dalam hal tenaga dosen dan administrasi akademik, mahasiswa dan alumni, pengembangan organisasi untuk menunjang status akreditasi institusi serta peningkatan citra institusi; (2) Bidang Sarana dan Prasarana, melalui optimalisasi dan fungsionalisasi fisik sarana dan prasarana, optimalisasi dan fungsionalisasi lahan dan ruangan yang sudah ada untuk keperluan ruang pimpinan dan kesekretariatan, ruang kuliah, ruang dosen, laboratorium, perpustakaan, ruang administrasi, ruang percobaan dan ruang untuk pembinaan mahasiswa; (3) Bidang Akademik, Penelitian, Pengabdian pada Masyarakat dan Publikasi, dengan cara peningkatan kinerja akademik, penataan program studi dan kurikulum, peningkatan kualitas sistem proses belajar dan mengajar,peningkatan kualitas dan kuantitas serta aplikasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; dan (4) Bidang Sumber Dana dan Anggaran, meliputi sistem perencanaan, penyusunan, pengelolaan dan sistim transpaaransi anggaran yang lebih efektif, efisien dan akuntabel serta upaya penggalian dana non mahaswiswa.

Pada sisi yang lain, dalam era globalisasi dan perdagangan bebas, tentunya yang akan dihadapi semakin kompleks. Tidak hanya perkembangan teknologi dan informasi yang sangat cepat, namun juga perubahan sosial ataupun perkembangan masyarakat akan menjadi tantangan dimasa mendatang. Tentunya semua harus bersiap menghadapi dan menjawab berbagai tantangan tersebut. Perguruan tinggi dituntut untuk mampu memberikan penyelesaian yang sistematik dan terus menerus untuk menjawab tantangan tersebut. Tak terkecuali Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Fakultas Ekonomi juga dituntut untuk mampu menjalankan tugas, fungsi dan peran sebaik-baiknya. 

Pada proses pengembangan institusi (termasuk Fakultas Ekonomi) sebagai upaya untuk menjawab perubahan, perkembangan ataupun lebih spesifik kebutuhan para stakeholder, dipandang perlu adanya sebuah perencanaan strategis. Perencanaan strategis pada hakekatnya adalah suatu kerangka kerja yang berorientasi pada penanggulangan isu, sehingga rencana kerja disusun berdasarkan isu pokok. Isu tersebut dijabarkan dari kondisi internal dan eksternal. Kondisi internal mengindikasikan adanya kemungkinan kekauatan dan kelemahan, sedangkan kondisi eksternal mengindikasikan kemungkinan peluang dan tantangan yang akan dihadapi. Dengan mempertimbangkan berbagai perkembangan tersebut dan sekaligus sebagai upaya untuk menterjemahkan renstra Umsida 2011-2015, maka Fakultas Ekonomi berupaya untuk mendesain perkembangan pengelolaan Pendidikan Tinggi melalui penyusunan Rencana Strategik Fakultas Ekonomi Umsida 2011-2015, sehingga dalam proses pengelolaan tersebut, peran dan fungsinya dapat berjalan dengan baik.

Rencana Strategik Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo disusun dengan sistematika sebagai berikut :

  1. Pendahuluan
  2. Analisis Situasi
  3. Visi, Misi, Tujuan Dan Strategik Fakultas Ekonomi
  4. Rencana Pengembangan Fakultas Ekonomi 2011-2015
  5. Rencana Program Kerja Tahunan Fakultas Ekonomi 2011 – 2015
  6. Penutup