Resep menjadi mahasiswa kaya adalah keberanian. Hal itu yang dikatakan oleh penulis buku jadi mahasiswa kaya kenapa tidak, Andik Top dalam seminar motivasi mahasiswa kaya, yang diselenggarakan oleh Klub Kewirausahaan FEB Umsida di Aula Ahmad Dahlan, sabtu (24/03/2018).

Menurut Andik, keberanian yang harus dilakukan antara lain : Pertama, kebranian meyakinkan diri kita sendiri yang mencakup ciptakan sesuatu yang mengejar hidup kita, ciptakan tujuan, buat sugesti pada diri kita. Sugesti itu penting kalau berfikir bisa maka kita bisa, kalau berfikir tidak bisa maka tidak bisa. Sedangkan yang kedua, keberanian untuk mematahkan pendapat orang lain. Lebih lanjut ketiga, keberanian untuk meminta kepada Allah SWT. Keempat, keberanian memilih usaha. 

“7 jurus menjadi mahasiswa kaya antara lain; Focus on the strenght, planning your future, dellaying gratification, make the chalenge bigger, enjoy your process, give more, celebrating your success”, alumni UB ini menambahkan.

Sementara Manager 2 Dodi Wahyudi Penerbit Erlangga dalam sambutannya mengatakan, “Erlangga mempunyai brand ; Erlangga, esensi, emir, dan erlangga for Kids”. Artinya penerbit erlangga selama 66 tahun berdiri dan lengkap untuk referensi.

Setahun lebih FEB Umsida menjalin kerjasama dengan penerbit Erlangga, kerjasama ini terjalin baik dalam bidang akademik maupun non akademik, sebagai salah satu bukti adalah seminar motivasi ini, seperti yang di ungkapkan dekan FEB Dr Sigit Hermawan SE MSi saat sambutan.

“FEB dan Erlangga mesrah, baik akademik dan non akademik. Mendatangkan motivator. Artinya bahwa sering dan bisa komunikasi dengan yang lain”.

Sigit menambahkan, mahasiswa tidak hanya jadi entrepreneur, tidak kupu-kupu (kuliah pulang – kuliah pulang), tapi juga harus jadi mahasiswa kaya (kaya uang, kaya inovasi, kaya kreativitas, dan kaya hati). 

Seminar motivasi dihadiri oleh ratusan mahasiwa FEB Umsida dan dua dari Unesa, peserta sangat antusias mengikuti seminar ini. Tujuan utama acara ini adalah memotivasi mahasiswa agar menjadi entrepreneur, menjadi mahasiswa kaya dan tidak langi meminta uang kepada orang tua untuk membayar biaya kuliah melainkan biaya kuliah hasil dari usahanya sendiri. Lebih baik kehilangan masa muda dari pada kehilangan masa depan. (yan).


share ke: