Alhamdulillah FEB UMSIDA bersama kedua prodinya yakni Prodi Akuntansi dan Prodi Manajemen telah mengadakan kegiatan “Workshop Integrasi Nilai-nilai Islam Ke dalam Materi Perkuliahan. Kegiatan Workshop tersebut telah terlaksana pada tanggal 23 Januari 2018 dan 30 Januari 2018, sengaja dibuat 2 termin. Termin pertama dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2018 di lab manual lt. 3 gedung E FEB Kampus 1 UMSIDA yang dihadiri oleh seluruh dosen FEB baik dari prodi manajemen maupun akuntansi. Acara dimulai tepat pada pukul 09.00 WIB yang diawali dengan pembukaan dari DEKAN FEB UMSIDA Bapak Sigit Hermawan, SE., Msi beliau menyampaikan semoga dengan adanya workshop integrasi nilai-nilai islam ke dalam materi perkuliahan ini merupakan awal terciptanya pencirian bagi FEB dan khususnya untuk prodi akuntansi dan prodi manajemen, Tegas Dekan FEB. Setelah pembukaan acara, agenda selanjutnya adalah penyampaian materi.

Materi pertama disampaikan oleh ibu Septi Budi Sartika, M.Pd yang merupakan Ka. Sie P3 UMSIDA dengan materi “Penyusunan RPS secara umum” dan materi kedua disampaikan oleh ibu Puspita Handayani, S.Ag., MpdI yang merupakan Ka. Sie AIK dengan materi “Penyusunan RPS yang telah terintegrasi dengan nilai-nilai islam”. Acara berlangsung sangat meriah hal tersebut terlihat dari antusiasme dari para dosen FEB yang menyampaikan pertanyaan terhadap pemateri ada pula yang menyampaikan saran. Salah satunya adalah ibu Hadiah Fitriyani, SE., Msi beliau menyampaikan bahwa integrasi nilai-nilai islam ini tidak dapat dilaksanakan secara instan perlu proses panjang untuk menyelaraskannya ke dalam materi perkuliahan maupun sistem pembelajaran di FEB UMSIDA, terang ibu hadiah. Tepat pada pukul 10.00 WIB seluruh peserta workshop dibagi menjadi 2, Dosen prodi manajemen di ruang lab manual sedangkan dosen akuntansi di ruang 303 dan di handle oleh masing-masing Kaprodi yakni Bapak Wiwit Hariyanto, SE, Msi selaku Kaprodi Akuntansi dan Bapak Wisnu Panggah Setiyono, S.E. M.Si, P.hD selaku Kaprodi Manajemen. Acara berakhir pada pukul 14.00 WIB. Pekerjaan rumah bagi para dosen untuk acara termin kedua adalah untuk Koordinator RMK tertentu (yang sudah ditentukan Kaprodi) wajib membuat RPS yang sudah terintegrasi dengan nilai-nilai islam.

Termin kedua Pada tanggal 30 Januari 2018 para dosen yang merupakan koordinator RMK di masing-masing prodi telah presentasi untuk mendapatkan masukan dari para dosen dan dari TIM AIK (dosen Al-Islam Kemuhammadiyahaan di FEB). Para koordinator RMK diharapkan mengumpulkan hasil penyusunan RPS yang sudah diintegrasikan ke dalam nilai-nilai islam dan telah mendapatkan masukan 7 hari setelah kegiatan, sebagai bentuk laporan bagi panitia. Pada termin kedua ini acara berakhir pada pukul 12.00 WIB. Semoga dengan terselenggarakannya acara workshop ini dapat bermanfaat bagi FEB UMSIDA dan kedua prodinya yakni prodi akuntansi dan manajemen, terang ketua panitia kegiatan. (Dr)


share ke: