Balance FEB Gelar Seminar Studi di Luar Negeri

SIDOARJO—Sebagai upaya tindak lanjut untuk memperluas jaringan dan meingkatkan kualitas sumber daya manusia, mahasiswa perlu memberanikan diri untuk melihat dan belajar dari negeri lain. Ini yang mendasari kegiatan Seminar bertajuk “Why Study Abroad is Important” sekaligus sosialisasi program Student Exchange yang diadakan Balance Economics English Community (BEEC), di Aula Ahmad Dahlan UMSIDA, Sabtu (23/12 /2017) lalu.

Seiring visi Umsida untuk menjadi universitas bermutu tingkat nasional, maka dukungan mutlak diperlukan dari semua pihak. Menyambut ini, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dengan dukungan Kantor Urisan Internasional (KUI) UMSIDA memprakarsai program Student Exchange medio tahun 2017 lalu. Terobosan ini diharapkan bisa dievaluasi dan berlanjut di masa-masa mendatang.

“Dalam upaya untuk menunjang peningkatan kualitas dan tentunya akreditasi, maka kegiatan ini perlu diadakan,” kata Dekan FEB, Dr. Sigit Hermawan, S.E.,M.Si, dalam sambutannya.

Dr. Sigit menambahkan bahwa ini adalah asalah satu dari sekian banyak upaya FEB untuk mewujudkan diri sebagai fakultas yang akan segera memiliki program kelas internasional. Selain itu, program student exchange jelas akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena pengalaman untuk mengecap pendidikan di luar negeri akan sangat berharga.

Senada, Kepala Kantor Urisan Internasional (KUI), Wahyu Taufik, M.Ed., merekomendasikan agar mahasiswa FEB memeberanikan diri untuk mengikuti prgram semacam ini. “Saat ini, UMSIDA sudah memiliki hubungan yang sangat baik denganberbagai universitas di luar negeri. Sayang jika ini tidak dimanfaatkan dengan baik,” kata Taufik, yang juga menjadi pembicara acara tersebut.

Sebelumnya, enam orang mahasiswa FEB telah mengikuti program student exchange yang diadakan di RMUTK, Thailand selama empat bulan.”Banyak hal tak ternilai yang bisa dipelajari dan diambil dari kegiatan semacam ini, yang tentunya tidak akan bisa didapatkan dari belajar di dalam negeri saja,” kata salah seorang alumni student exchange, Maulfi Sanif. (*)     

 

Caption: INTERNASIONALISASI—Pembicara dalam seminar, Wahyu Taufik M.Ed., menyampaikan materi tentang urgensi belajar di luar negeri kepada labih dari 100 mahasiswa FEB di Aula Ahmad Dahlan, Sabtu (23/12).


share ke: