Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (IKAFE) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, menyelenggarakan Seminar Ekonomi dan Bisnis yang mengangkat tema “Bisnis Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0”; pada hari Sabtu (28/10/2017) pukul 09.00 - 12.00 WIB, di Aula Ahmad Dahlan gedung E UMSIDA.

Selain mahasiswa memahami Bisnis Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0, seminar ini mempunyai tujuan utama untuk memberikan motivasi dan dorongan supaya mahasiswa FEB UMSIDA mulai saat ini untuk belajar berbisnis dari yang kecil hingga menjadi besar. Mahasiswa dapat mengatahui strategi – strategi untuk membangun sebuah bisnis, mengembangkan sebuah bisnis supaya mempunyai nilai lebih dibangdingkan dengan kompetitor yang sangat ketat. Menurut M. Ilyas Junjunan, S.E. selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa dengan seminar yang kita adakan dapat memicu atau memberi semangat mahasiswa agar berbisnis dan juga memberi langkah awal mahasiswa untuk berbisnis.

Seminar ini dihadiri oleh para Dewan Penasehat IKAFE, Wakil Rektor III, Kaprodi Manejemen, Kaprodi Akuntansi, Kepala Lab Manajemen dan Bapak / Ibu Dosen FEB UMSIDA. Selain itu peserta yang hadir sebanyak 400 mahasiswa dari Prodi Manajemen dan Akuntansi, 3 Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNUSIDA. Seminar dipandu oleh  Jainul Rahmat Aripin, S.E. (Direktur Melati Indonesia Institut) selaku moderator dan juga Alumni FEB UMSIDA, Dua narasumber yang kita hadirkan yang pertama Drs. Moh Sulton Amien, M.M. (Preskom PT. Cipta Mulia Group) dan yang kedua Wahyu Eko Pujianto, S.E., M.M., M.K.P. (Owner CV. Mitra Sinergi Perkasa) sekaligus alumni FEB UMSIDA.

Bapak Sulton menuturkan, Memulai bisnis bisa dilakukan dari sekarang untuk merubah hidup jadi sukses, menjadi sukses harus memiliki tiga karakteristik utama : Pertama orang sukses harus mempunyai dedikasi yang tinggi terhadap apa yang dijalankan. Dedikasi berupa komitmen, kecintaan, atau ambisi untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik. Kedua determinasi, kemauan untuk mencapai tujuan, bekerja keras, berkeyakinan, pantang menyerah dan kemauan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Ketiga adalah berbeda dengan orang lain. Orang – orang  sukses memakai jalan, cara atau sistem bekerja yang berbeda dengan orang lain pada umumnya. Mereka adalah Innovator dan Trendsetter.

Selain itu Wahyu menuturkan, Mulailah berbisnis dengan hasil Rp 1000 atau Rp 2000, gunakan hanphone untuk berbisnis jangan hanya digunakan untuk sosial media. Lakukan refresing untuk mencari informasi dan inovasi produk yang kita produksi atau ATM (amati tiru dan modifikasi).  


share ke: